Program Studi Keahlian

SMK Tri KaryaKurikulum SMK Tri Karya
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu dimungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada.
Pengembangan Kurikulum SMK Tri Karya yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 (UU 20/2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 (PP 19/2005) tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan kurikulum pada Kurikulum SMK Tri Karya jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Selain dari itu, penyusunan Kurikulum SMK Tri Karya juga harus mengikuti ketentuan lain yang menyangkut kurikulum dalam UU 20/2003 dan PP 19/2005.
Panduan pengembangan kurikulum disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk:
  1. Belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Belajar untuk memahami dan menghayati.
  3. Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif.
  4. Belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain.
  5. Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

Komponen Kurikulum SMK Tri Karya
Komponen kurikulum di SMK Tri Karya terbagi atas beberapa bagian, yaitu:
  1. Struktur dan Muatan Kurikulum SMK Tri Karya
  2. Struktur dan muatan Kurikulum SMK Tri Karya meliputi 5 (lima) kelompok mata pelajaran sebagai berikut:
    • Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
    • Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
    • Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
    • Kelompok mata pelajaran estetika
    • Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan

  3. Mata Pelajaran
  4. Mata pelajaran pada SMK Tri Karya adalah:
    • Pendidikan Agama; Islam/Kristen/Protestan/Hindu/Budha
    • Pendidikan Kewarganegaraan
    • Bahasa Indonesia
    • Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
    • Seni dan Budaya
    • Matematika
    • Bahasa Inggris
    • Fisika
    • Kimia
    • Ilmu Pengetahuan Alam
    • Ilmu Pengetahuan Sosial
    • Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI)
    • Kewirausahaan
    • Dasar Kompetensi Kejuruan
    • Kompetensi Kejuruan

  5. Muatan Lokal
  6. Muatan lokal dilingkungan SMK Tri Karya terdiri dari:
    • Muatan Lokal Produktif
    • Bahasa Sunda
    • Pendidikan Lingkungan Hidup

  7. Pengembangan Diri
  8. Kegiatan Pengembangan Diri dilingkungan SMK Tri Karya terdiri atas:
    • Karate
    • Sepak Bola
    • Pramuka

Program Studi Keahlian SMK Tri Karya
Program Studi Keahlian pada SMK Tri Karya hanya terdiri dari atas 2 (dua), sebagai berikut:
A. KOMPUTERB. OTOMOTIF
01.Bidang Studi Keahlian:Teknologi Informasi dan Komunikasi01.Bidang Studi Keahlian:Teknologi dan Rekayasa
02.Program Studi Keahlian:Teknik Komputer dan Informatika02.Program Studi Keahlian:Teknik Otomotif
03.Kompetensi Keahlian:Multimedia03.Kompetensi Keahlian:Teknik Kendaraan Ringan


A. Teknik Komputer dan Informatika
Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika bertujuan membekali siswa/i dengan sikap pengetahuan dan keterampilan, agar menjadikan lulusan yang kompeten dalam:
  1. Keahlian dan kemandirian dalam Teknik Komputer dan Informatika, sehingga dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
  2. Mendapat kesempatan dalam berkarir, berkompetisi dan mengembangkan kompetensi dalam keahlian Teknik Komputer dan Informatika, sehingga dapat melanjutkan tingkat pendidikan yang lebih tinggi.
  3. Memelihara, memperbaiki, merakit, internet, pemograman website/blogger, memasang jaringan, membuat animasi multimedia dengan menggunakan perangkat komputer.
Muatan Lokal Produktif : Drafter

B. Teknik Otomotif
Program Studi Keahlian Teknik Otomotif bertujuan membekali siswa dengan sikap pengetahuan dan ketrampilan, agar menjadikan lulusan yang kompeten dalam:
  1. Keahlian dan kemandirian dalam Teknik Otomotif, sehingga dapat bekerja baik secara mandiri ataupun mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
  2. Mendapat kesempatan dalam berkarir, berkompetensi dan mengembangkan kompetensi dalam keahlian Teknik Otomotif, sehingga dapat melanjutkan tingkat pendidikan yang lebih tinggi.
  3. Memelihara, memperbaiki, membongkar dan merakit serta peka terhadap perkembangan teknologi otomotif.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang diberikan harap sesuai dengan topik!
Jika tidak, kami akan segera menghapusnya!